Senin, 22 Oktober 2018

definisi Umum: Bisnis,TIK, Bisnis Informatika dan Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan dunia


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI





 








Pengantar Bisnis Infromatika



Nama                   : Titi Komariah Septiyanti
NPM                      : 56415912
Kelas                    : 4IA12
 
 















Tugas 1

·         Bisnis
bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.
ada beberapa fungsi dari bisnis yaitu :
1.    Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
2.    Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
3.    Mengubah kepemilikan (possesive utility), yaitu fungsi penjualan
4.    Menunda waktu kegunaan (Time utility), atau fungsi pemasaran

·      Teknologi Informasi & Komunikasi(TIK)
Teknologi komunikasi dianggap mencakup pengertian yang luas, termasuk sistem, saluran, perangkat keras dan perangkat lunak dari komunikasi modern. Sedangkan teknologi informasi merupakan bagian dari pengertian teknologi komunikasi. Teknologi informasi adalah ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat. Informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah diolah. Data atau informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara, gambar, video dan sebagainya.
Komunikasi dapat diartikan sebagai proses sistematik bertukar informasi di antara pihak-pihak, biasanya lewat sistem simbol biasa. Secara ilmiah komunikasi dapat berarti proses penyampaian pesan atau informasi dari pengirim kepada penerima dengan simbol tertentu. Berdasarkan dua pengertian di atas data disimpulkan bahwa TIK adalah proses penyampaian informasi melalui pengolahan data yang melibatkan pengirim dan penerima informasi dengan menggunakan simbol tertentu.
TIK adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa dan teknik pengelolaan yang digunakan dalam pengendalian dan pemrosesan informasi serta penggunaannya, hubungan computer dengan manusia dan hal yang berkaitan dengan sosial, ekonomi dan kebudayaan. Pemanfaatan tenologi dan komunikasi dalam bidang pendidikan, seperti pemanfaatan komputer dan jaringan computer memberikan kesempatan kepada setiap pembelajar untuk mengakses materi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif melalui jaringan Komputer. Dari penjelasan tersebut dapat dimaknai bahwa TIK merupakan media yang berupa teknologi seperti komputer beserta jaringannya yang dapat digunakan untuk proses pengolahan dan pemprosesan data yang berguna untuk pemanfaatan berbagai bidang sosial, ekonomi, budaya dan tentunya pendidikan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentrasfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, penguasaan TIK berarti kemampuan memahami dan menggunakan alat TIK secara umum termasuk komputer (Computer literate) dan memahami informasi (Information literate). Tinio mendefenisikan TIK sebagai seperangkat alat yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan, mendiseminasikan, menyimpan, dan mengelola informasi. Teknologi yang dimaksud termasuk komputer, internet, teknologi penyiaran (radio dan televisi), dan telepon. UNESCO (2004) mendefenisikan bahwa TIK adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Defenisi umum TIK adalah computer, internet, telepon, televise, radio, dan peralatan audiovisual. 

·      Bisnis informatika
Bisnis informatika merupakan disiplin ilmu baru yang menggabungkan berbagai aspek manajemen bisnis, teknologi informasi, dan informatika. Tujuan dari Bisnis Informatika adalah untuk sepenuhnya mengintegrasikan pengetahuan ilmu komputer dan bisnis administrasi menjadi satu kesatuan. Jadi yang membedakan Bisnis Informatika dengan bisnis – bisnis lainya yaitu cara dia merencanakan, membuat, mengelola, dan menjalankan bisnis tersebut dengan menggunakan teknologi informasi khususnya internet.

Tugas 2
          Bisnis online di era serba cepat dan mudah sangatlah menguntungkan. Bisnis online yang menjual barang di internet salah satunya adalah situs lazada.com. Situs ini bergerak dalam bidang IT sebagai penyedia barang seperti elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga.. Rocket Internet merupakan perusahaan online incubator yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal), dll

Sistem E-commerce pada perusahaan Lazada Indonesia benar-benar menjelma menjadi surga bagi para penggiat bisnis E-commerce akhir-akhir ini. Tidak hanya pelaku E-commerce lokal, yang dari hari ke hari selalu mencatatkan nama baru di daftar panjang perusahaan E-commerce yang hadir di Indonesia, tetapi E-commerce­ asing pun tak ingin ketinggalan untuk merasakan atmosfer yang cukup baik ini.
Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang paling top dan utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online. Karyawan yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yangmempunyai jiwa kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaik dan perusahaan di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitas dalam pemberian pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secaramaksimal.
kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara lain :
1.    Pilihan Produk Berkualitas yang beragam
Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku.  

2.    Penawaran Khusus atau Promo Produk
Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema
3. Bebas Ongkos Kirim
Ongkos kirim terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan untuk berbelanja online karena cukup mahal untuk barang yang ukurannya besar.
kekuranggan dari E-commerce Lazada Indonesia, antara lain:
1.    tidak menutup kemungkinan dari costumer yang berkunjung ke web ini dan meragukan integeritas dari situs E-commerce ini yang dikarenakan nomor customer yang dicantumkan di situs nerupakan nomor provider untuk telepon genggam yang dianggap sama kebanyakan situs / penjual produk bohonggan (penipuan) yang juga tersebar di internet. 
2.    Respon layanan konfirmasi pembayaran yang masih sedikit terlambat 
3.    Beberapa produk yang available stock di website ternyata out of stock di gudang
4.    Layanan M-Banking dan pembayaran kartu kredit yang belum memiliki integritas tinggi.

Tugas 3

PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA DI INDONESIA DAN DUNIA
          Pada zaman ini semua serba instan dan serba mudah, semua di dapat hanya memerlukan sebuah device, baik laptop, tablet ataupun smartphone semua bisa didapatkan. Bisnis TI berkembang sangat pesat karena sudah teknologi dan internet sudah menjadi kehidupan sehari-hari. Terutama di Indonesia sendiri contohnya adalah ojek online yang sampai saat ini masih ada kesenjangan antara online dan pangkalan dimana efek tersebut muncul karena perkembangan bisnis dalam TI. Lalu di Indonesia sudah banyak yang menggunakan kata ‘E’ didepan nya, seperti E-commerce, E-banking, E-Money, E-Bussines, M-Banking dan masih banyak lagi yang sudah diterapkan atau di implementasikan di Indonesia, dalam hal ini di Indonesia pun bisnis TI sangatlah maju hanya dengan bermodal tablet atau smartphone atau laptop kita bisa  membeli sesuatu dan kita juga dapat menjual sesuatu yang terdapat jalur bisnis didalam proses tersebut.
          Yang paling terlihat terutama di Indonesia adalah E-commerce namun ada beberapa aspek perkembangan bisnis TI sebagai berikut :
1. Aplikasi dan Aset
contoh aplikasi dan aset yang sedang berkembang adalah :
* Uber, perusahaan taksi tanpa memiliki mobil
* OLX, situs jual beli tapi situs tersebut tidak memiliki barang
* Mister Aladin.com , situs akomodasi traveling, hotel tetapi tidak memiliki hotel
contoh diatas adalah bagaimana pemberdayaan konsumen melalui sebuah aplikasi dalam smartphone konsumen. Dimana aplikasi ini hanya mendalkan aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang di akomodasikan nya, dengan cara ini perusahaan juga dapat mendapatkan keuntungan dengan adanya akomodasi dari aplikasi tanpa harus mengiklankan serta mencari konsumen secara langsung.

2. Technopreneur
technopreanur adalah penggagas dan kreator produk dalam bidang teknologi yang dapat menghasilkan sebuah bisnis didalamnya yang dapat dijadikan sebuah tempat adanya perputaran uang didalamnya. Di indonesia dan di dunia ini sudah banyak yang berhasil, contohnya di indonesia adalah Bukalapak, Traveloka dan Berrybenka dimana ketiga nya adalah pengusaha sukses dengan industri baru berbasi internet.

3. Software House
dalam era ini aplikasi yang dapat menyelesaikan sebuah masalah adalah hal yang penting dalam penggunaan sebuah device. Penjualan software masih menjadi proses bisnis dalam dunia it, contohnya adalah appstore, dimana user harus membayar setiap kali mendownload sebuah aplikasi yang dapat mengerjakan tugas user atau mempermudah user. Contoh lainya adalah Adobe System, Microsoft , Apple Inc dan lain lain.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar